penyakit yang menyerang pada lambung

Kenali Penyakit yang menyerang lambung

Ada beberapa penyakit yang menyerang lambung, diantaranya : gastritis, dispepsia, GERD. Itu diantara penyakit yang menyerang lambung, tentunya berbagai cara diperlukan untuk deteksi dini atau memahami penyakit lambung ini sebagai upaya untuk mencegah agar penyakit lambung tidak berlanjut. Mari kita kenali diantara penyakit yang menyerang pada lambung.

Gastritis atau juga disebut peradangan pada lambung. Kenali penyakit yang menyerang lambung ini, sebab gastritis sering dijumpai di dalam kehidupan sehari hari. Masyarakan pada umumnya mengenali atau menyebut gastritis ini sebagai Maag. Ada berbagai penyebab dari terserangnya penyakit lambung ini, misal adanya riwayat makan ikan mentah, sering mngkonsumsi kortikosteroid, pengguna rutin aspirin atau obat golongan antiinflamasi nonsteroid pada dosis yang cukup tinggi, riwayat cedera mukosa sebelumnya. Tanda dan gejala Gastritis adalah adanya gangguan saluran pencernaan berupa nyeri lambung dengan sensasi terbakar, jarang disertai dengan mual atau muntah. Nyeri dapat berkurang atau bertambah berat dengan makan. Nah solusinya adalah hentikan semua penyebab Gastritis ini dengan menghentikan semua penyebab gastritis, misalnya: obat golongan anti inflamasi non steroid dan alkohol

Despepsia adalah nyeri berulang atau ketidaknyamanan yang biasanya terjadi di perut bagian atas. Manifestasinya klinisnya berupa kumpulan tanda atau gejalanya seperti : mula dan terkadang disertai dengan muntah, neyri ulu hati, rasa tidak nyaman diperut. Adanya gangguan di pencernaan dapat diketahui dengan perut kembung, adanya rasa penuh di lambung, sering bersendawa, sering kentut, merasa cepat kenyang, perut keroncongan. Semua gejala bisa terjadi secara akut, kronis bahkan bisa juga berulang. Untuk itu pilihan terapi untuk Dispesia ini adalah kombinasi obat golongan PPI (Proton Pump Inhibitor) dengan kombinasi antibiotik. Strategi lain eradikasi dispepsia adalah dengan kombinasi bismuth, metronidazole, dan tetracycline. Bila belum sembuh dengan obat, maka segera ke dokter ahli penyakit dalam untuk dilakukan endoskopi.

GERD. GERD (Gastro-Esophageal Reflux Disease) adalah penyakit pencernaan kronis yang terjadi saat asam lambung atau empedu membalik ke esofagus (kerongkongan). Gejala khas GERD adalh sensasi nyeri pada ulu hati.

Setelah kita mengenali beberapa penyakit yang menyerang lambung, tentunya kita akan lebih mudah untuk mendeteksi sakit atau gangguan yang terjadi pada lambung dan tentunya kemudian dapat segera mengetahui bagaimana pengobatannya yang pas atau pun bagaimana menghindari penyakit yang menyerang ambung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: